Wednesday, 4 October 2017

6 Jenis Bahan Denim Bekualitas yang Paling Nyaman!


Jenis bahan denim terbaik - Denim pada umumnya adalah bahan yang digunakan untuk membuat celana jeans yang menjadi favorit dikalangan masyarakat khususnya oleh pemuda masa kini. Selain bahannya yang kuat sehingga tidak mudah sobek, denim memiliki daya tarik tersendiri pada warnanya sehingga saat dipasangkan dengan apapun akan terlihat cocok.

Baca juga : 4 Model Celana Jeans Pria yang Menjadi Trend 2017

Kelebihan bahan denim yang lainnya yaitu saat warna kainnya mulai luntur akan memberi efek yang natural dan sangat keren. Karena itu perkembangan dunia fashion yang sangat pesat ini membuat denim tidak hanya digunakan sebagai bahan pembuatan celana jeans saja melainkan untuk produk-produk lain seperti baju, kemeja, tas, topi, hingga sepatu denim.

Jika kamu salah satu pecinta produk berbahan denim kamu harus tau jenis bahan denim terbaik agar nyaman saat digunakan.

Macam Macam Kain Denim 

1. Ramie denim

Denim yang satu ini merupakan denim yang akan memberi efek halus dan mengurangi kerutan sehingga nyaman dipakai karena terbuat dari serat tanaman rami. Kelebihan denim berbahan rami ini tidak mudah kotor karena dapat menyerap air dengan mudah.

2. Poly denim

Jika kamu suka menggunakan bahan yang ringan maka poly denim adalah pilihan yang tepat. Terbuat dari campuran polyester sehingga hasilnya ringan, mudah dicuci dan cepat kering. Bahan jenis ini cocok untuk acara formal atau semi formal.

3. Pre- wasted denim

Setelah proses pembuatan dan pewarnaan, jenis denim ini akan melalui proses pencucian terlebih dahulu. Dalam proses ini biasanya juga dapat menciptakan efek seperti garis-garis kerutan, atau warna yang tidak merata yang sengaja dibuat agar terlihat lebih keren. Pre-wasted denim merupakan salah satu bahan celana jeans yang bagus karena lebih lentur.


4. Dry denim

Berbeda dengan pre-wasted denim, dry denim tidak melalui proses pencucian sehingga bahan lebih keras dan kaku. Karena tanpa proses pencucian warna yang dihasilkan oleh dry denim menjadi lebih solid dan tahan lama, tapi seiring berjalananya waktu kerena digunakan dry jeans juga bisa luntur.

5. Stretch denim

Salah satu bahan denim yang terbilang cukup baru adala strech denim. Sesuai dengan namanya denim jenis ini dicampur dengan bahan yang elastis. Stretch denim adalah favorit kaum wanita karena bahannya sangat lentur sehingga dapat menyesuaikan berntuk tubuhnya.


contoh bahan denim

6. Black coated denim

Bosan dengan warna navy kamu bisa menggunakan denim berwarna hitam mengkilap yang berbahan black denim. Denim ini menggunakan bahan yang dilapisi oleh akrilik berwarna hitam pekat dengan tujuan agar memberi ketahanan pada bahannya.


Setelah mengetahui jenis denim terbaik untuk pembuatan celana jeans, kamu harus mengetahui juga faktor yang menentukan kualitas serta harga jeans agar dapat memilih celana jeans terbaik.
  • Kualitas kain 
Kualitas kain (fabric) disini dibagi menjadi 3 bagian, yaitu :

Pima cotton adalah bahan yang paling tahan lama serta memiliki daya serap tinggi. Walaupun demikian bahan ini tetap ringan, oleh karena itu menjadi pilihan populer untuk denim, t-shirt, bahkan seprai mewah.

Zibabwean cotton merupakan salah satu jenis katun yang paling langka di dunia. Kelangkaan ini terjadi karena bahan baku tanaman hanya di tanam oleh beberapa petani di Afrika Selatan lalu dipanen menggunakan tangan. Jenis katun ini biasanya digunakan oleh brand-brand terkenal seperti IronHeart dan Momotaro.

Upland cotton adalah katun yang sering digunakan sebagai bahan denim. Jika kamu menemukan celana jeans bertuliskan "100% cotton", maka kemungkinan besar itu merupakan 100% upland cotton.


  • Berat atau wight
Denim yang lebih ringan dijual dengan harga yang lebih murah karena memiliki daya tahan yang kurang baik dibandingkan dengan denim yang lebih berat dan tebal. Patokan ukuran yang biasanya terdapat pada denim adalah sebagai berikut :


Lightweight Denim: Denim yang memiliki berat di bawah 12 oz.

Midweight Denim: Denim yang memiliki berat di antara 12 dan 16 oz.

Heavyweight Denim: Denim yang memiliki berat di atas 16 oz.

Oz merupakan ukuran berat (ketebalan jeans), semakin besar jumlah oz nya maka semakin berat. Jika di ukur dalam satuan gram maka 1 oz = 28.3495 gram.
  • Hardware pada jeans
Hardware pada jeans seperti rivets, kancing, bordir, zipper juga akan mempengaruhi kualitas jeans. Semakin bagus material hardwarenya maka menandakan bahwa jeans tersebut berkualitas tinggi.
  • Teknik pencucian
Teknik pencucian juga menjadi faktor apakah denim tersebut berkualitas bagus atau berkualitas rendah. Ada banyak macam-macam teknik pencucian, dan yang termasuk teknik pencucian paling mahal yaitu stone wash. 

Stone wash ini merupakan proses pencucian dimana denim akan diletakan pada mesin cuci besar lalu di cuci bersama batu apung atau batau vulkanik, hal ini bertujuan untuk mendapat denim yang lebih halus dengan model yang lebih menarik. 

Itulah jenis bahan denim terbaik serta cara menentukan kualitas denim yang dapat kamu pilih untuk pembuatan celana jeans atau fashion item lainnya. Cermati dulu sebelum membeli dan perhatikan kekurangan serta kelebihannya, jangan sampai salah memilih ya!

6 Jenis Bahan Denim Bekualitas yang Paling Nyaman! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Timy Time

0 komentar: