Monday, 9 October 2017

Tips Memilih Sepatu dan Sandal Ibu Hamil yang Aman dan Nyaman


Tips memilih sepatu dan sandal untuk ibu hamil - Saat mengalami kehamilan untuk yang pertama kalinya banyak ibu hamil yang merasa was-was, selain itu mereka akan sibuk menyiapkan pakaian hamil yang sesuai dengan kondisi badannya serta nyaman digunakan. Biasanya karena terlalu fokus membeli baju hamil ada salah satu fashion item wajib yang harus dipersiapkan saat kehamilan yaitu alas kaki.

Alas kaki baik itu sepatu ataupun sandal sangat penting, terlebih untuk ibu hamil harus memilih sepatu dan sandal yang tepat agar nyaman saat digunakan. Pemilihan alas kaki ini sangat penting karena ibu hamil dapat mengalami pembengkakan pada kakinya serta jika tidak tepat akan menggangu kesatan pada ibu hamil. Terbukti menurut survei di Inggris bahwa 7 dari 10 wanita hamil mengalami masalah pada kakinya, untuk itu ibu hamil harus selektif untuk memilih sepatu dan sandal.

Nah, untuk para calon ibu perhatikan tips memilih sepatu dan sandal untuk ibu hamil berikut ini agar nyaman dan tidak terjadi gangguan kesehatan selama hamil.

Cara Menentukan Model Sepatu dan Sandal Ibu Hamil

1. Menentukan Model

Tidak masalah untuk tampil modis saat hamil tapi tidak perlu memilih model yang terlalu ribet. Pilihlah model yang sederhana dan tanpa tali agar tidak sesak saat kaki mulai membengkak, selain itu tali pada sepatu juga bisa membahayakan ibu hamil yang dapat membuatnya tersandung.

2. Ukuran yang tepat

Pilihlah alas kaki dengan ukuran yang pas sehingga tidak terlalu longgar atau terlalu sempit. Jika longgar sedikit tidak masalah agar dapat memberi ruang kepada kaki untuk bergerak terutama pada ujung alas kaki agar jari-jari dapat bergerak bebas.

3. Bahan yang nyaman

Ibu hamil harus selalu dalam kondisi yang nyaman agar kesehatannya tidak terganggu. Pemilihan bahan sepatu yang tepat agar nyaman digunakan yaitu sepatu yang empuk dan lentur sehingga saat berjalan pun terasa nyaman.

Serta pilihlah sepatu atau sandal yang terbuat dari bahan alami berpori-pori seperti kanvas, suede yang halus atau kulit. Hal ini agar tidak terjadi penumpukan keringat yang membuat kaki menjadi bau karena bakteri.

4. Ukuran hak yang tepat

Sepatu flat adalah sepatu yang cocok untuk ibu hamil tapi jika dalam kondisi tertentu membutuhkan sepatu hak maka harus milih ukuran hak yang tepat agar tidak membebani kaki ibu hamil. Idealnya ukuran hak pada sepatu atau sandal ibu hamil hanya boleh 1-2 cm saja.

Selain itu jangan memilih sepatu dengan hak yang runcing karena dapat menggangu keseimbangan ibu hamil yang dapat membahayakan. Pilihlah sepatu tinggi dengan alas tebal dan rata agar tetap seimbang.

5. Sol karet

Saat akan membeli sandal atau sepatu perhatikan solnya dan pastikan terbuat dari karet agar tidak licin sehingga mengurangi resiko terpeleset.

6. Bentuk yang sesuai

Pilihlah alas kaki yang bentuknya mengikuti fisiologis pada telapak kaki yaitu lengkungan medial arc support. Kerana setiap kaki manusia memiliki lengkungan yang disebuat arcus yang berfungsi untuk penyeimbang.

7. Waktu pembelian 

Waktu yang tepat untuk membeli sandal atau sepatu ibu hamil yaitu pada sore hari atau menjelang malam. Karena kita telah melakukan banyak aktifitas di pagi dan siang hari sehingga pada sore harinya kaki akan cenderung membesar. Jadi itulah ukuran yang pas agar saat digunakan untuk jalan-jalan nanti sepatu atau sandal tidak terasa sempit.

8. Membeli sepatu baru

Jika kehamilan sudah memasuki usia trimester terakhir maka kaki ibu hamil akan semakin besar untuk itu jangan merasa rugi untuk membeli sepatu baru lagi agar tidak mengganggu kesehatan ibu hamil. Tidak perlu membeli alas kaki terlalu banyak cukup dua saja untuk bergantian.

Baca juga : 15 Model Sandal Trendy Terbaru 2017

Itulah 8 tips memilih sepatu dan sandal untuk ibu hamil yang tepat agar kenyamanan dan kesehatan terjaga serta dapat menjalani aktifitas sehari-hari dengan aman selama masa kehamilan.

Tips Memilih Sepatu dan Sandal Ibu Hamil yang Aman dan Nyaman Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Timy Time

0 komentar: