Sunday, 1 October 2017

6 Gaya Fashion Pria saat Wawancara Kerja Beserta Tipsnya!


Gaya fashion pria untuk wawancara kerja - Saat hendak interview kerja selain kesiapan mental untuk menerima berbagai macam pertanyaan kamu juga harus mempersiapkan penampilan. Karena hal yang pertama kali dilihat saat kamu datang yaitu gaya berpakaianmu. Hal ini tentu saja berbeda disetiap perusahaan tergantung peraturan yang berlaku.

Baca juga : 10 Model Jas Pria Maskulin Terbaru 2017

Biasanya pakaian yang sering kali digunakan untuk melamar kerja sangat formal, namun seiring berjalannya waktu dan perubahan fashion sehingga kamu bisa tampil dengan gaya semi formal namun tetap terlihat rapi dan enak dipandang. Beragam gaya berpakaian bisa kamu coba tergantung jenis pekerjaan yang akan menempatkan posisimu.

Nah, bagi kamu yang akan melaksanakan interview kerja dan bingung outfit apa yang cocok digunakan, berikut gaya fashion pria untuk wawancara kerja masa kini yang bisa kamu contoh.

Tips Fashion Pria Saat Interview Kerja 

1. Formal

Jika perusahaan yang akan kamu datangi merupakan perusahaan dengan peraturan ketat kamu wajib menggunakan baju kantor atau formal, seperti setelan jas dan celana kain, serta menggunakan sepatu untuk interview kerja yang pas yaitu fantofel.


2. Gaya semi formal

Perusahaan modern biasanya tidak terlalu menuntut untuk terlalu formal, nah jika demikian kamu bisa bergaya semi formal menggunakan kemeja, celana semi jeans, dan cardigan atau sweater.


3. Gaya formal chic

Tetap formal namun terlihat berbeda dengan gaya formal chic. Kamu bisa menggunakan kemeja bermotif, celana denim dan bisa ditambah juga dengan blazer.


4. Gaya casual

Untuk gaya casual memang sangat beragam tapi yang perlu kamu ingat tidak semua perusahaan dan pekerjaan cocok menggunakan outfit ini.



5. Gaya minimalis

Jika kamu termasuk cowok yang minimalis itu artinya kamu tidak suka bermain dengan banyak warna. Kamu bisa menggunakan celana navy, kaos polos dan blazer yang sesuai dengan warna kaosmu.


6. Gaya classy semi chic

Kamu akan terlihat lebih berkelas menggunakan gaya ini, namun tetap ditambah dengan gaya yang kamu improve sendiri.


Selain memilih fashion saat interview kerja agar tetap tampil stylish, kamu wajib memperhatikan juga hal - hal berikut ini agar tidak salah penampilan :

a. Pilihlah pakaian sesuai dengan pekerjaan yang akan dilamar. Jika kamu melamar pekerjaan sebagai staff HRD, pegai bank, atau staff accounting maka gunakan baju formal atau minimalis seperti referensi di atas. Tapi jika bidang pekerjaan kreatif seperti desainer, illustrator, editor, dan lain sebagainya kamu bisa memilih salah satu model di atas yang tidak terlalu formal.

b. Pilihlah warna yang tepat. Agar terlihat berwibawa kamu jangan memilih warna - warna yang terlalu mencolok. Pilihlah warna-warna premier, warna netral, warna yang sedikit gelap, dan warna-warna pastel.

c. Sesuai dengan tips pertama (a), kamu bisa memilih pakaian sesuai dengan bidang pekerjaan namun ada baiknya jangan menggunkan baju yang terlalu kasual. Jika perusahaan terlihat tidak membatasi atau membebaskan penampilan pegawainya, kamu cukup dengan batas gaya kasual seperti contoh di atas jangan terlalu kasual lagi.

d. Perhatikan penampilanmu, pilih pakaian dengan warna yang serasi agar sedap dipandang. Jangan menggunakan aksesoris yang berlebihan, cukup gunakan jam tangan agar kamu terkesan orang yang tepat waktu. Dan yang tidak kalah penting lagi, sisir dengan rapi rambutmu dan jangan biarkan rambut terlalu panjang.

e. Wangi memang perlu tapi jangan sampai kamu menggunakan parfum yang terlalu menyengat karena hal itu menggangu. Jadi gunakan parfum secukupnya saja.

Itulah 6 gaya fashion pria untuk wawancara kerja yang dapat kamu jadikan sebagai referensi. Dengan gaya terkini di atas tentunya akan membuatmu semakin percaya diri dan berkarisma. Nah, selain mempersiapkan penampilan, kamu juga harus siap dengan segala pertanyaan yang nanti akan dilemparkan saat wawancara.

Agar dirimu lebih siap lagi sebaiknya perhatikan dulu daftar pertanyaan yang sering ditanyakan saat interview berikut ini, yuk latihan!

  • Perkenalkan dirimu
Hal pertama yang selalu ditanya pada saat interview kerja yaitu kamu dipersilahkan untuk memperkenalkan diri. Nah, pada saat memperkenalkan diri kamu tidak perlu bertele-tele dan menghabiskan banyak waktu, cukup jawab dengan dengan singkat tentang pendidikan, pengalaman bekerja, karir terakhir serta bakat unik yang kamu miliki.
  • Apa yang kamu ketahui tentang perusahaan tersebut
Sebelum melamar pekerjaan di suatu perusahaan tentu saja kamu harus menggali informasi tentang perusahaan itu. Selain agar kamu tidak tertipu dengan perusahaan abal-abal, kamu juga harus siap dengan pertanyaan ini. Untuk menjawabnya berikan jawaban yang telah kamu ketahui sebelumnya tapi jangan merasa kamu sudah tau segalanya tentang perusahaan itu. Serta tunjukan keinginan untuk mempelajari lebih banyak lagi tentang perusahaan tersebut.
  • Apakah kamu layak untuk direkrut perusahaan
Ini adalah pertanyaan yang sedikit menjebak, untuk menjawabnya kamu harus punya percaya diri, tegas dan tidak gugup untuk menujukan kualitasmu pada pewawancara. Beritau pewawancara tentang kelebihan dan kemampuanmu dalam bekerja dan bidang tersebut.
  • Pengalaman kerja dalam bidang yang sama
Jika kamu memiliki pengalaman dibidang yang sama tentu saja jawab dengan jawaban yang se-spesifik mungkin tentang pengalamanmu. Namun terkadang kamu melamar pekerjaan yang belum pernah ada pengalaman sebelumnya atau kamu termasuk fresh graduate, maka jawab dengan keahlian yang mendekati dengan bidang pekerjaan tersebut.
  • Alasan meninggalkan pekerjaan sebelumnya
Jika kamu sudah memiliki pengalaman berkerja maka pertanyaan ini akan muncul saat wawancara. Untuk menjawabnya kamu harus memberikan jawaban yang jujur, singkat, dan jelas sekalipun saat itu kamu dipecat. Namun jangan sampai memberitahukan masalah pribadi pada pewawancara.
  • Berapa gaji yang kamu inginkan
Setelah melewati banyak pertanyaan selanjutnya kamu pasti akan ditanya masalah gaji yang diinginkan. Ini adalah salah satu pertanyaan yang sensitif dan susah-susah gampang menjawabnya, untuk memberikan jawaban yang tepat yaitu pada mulanya kamu tanyakan dulu berapa gaji yang diberikan oleh perusahaan pada posisi ini serta tanyakan tanggung jawab dan kewajiban yang akan kamu jalani baru kamu bisa memperkirakan berapa gaji yang akan kamu minta. 

Setelah kamu tahu tentang gaya berpakaian serta tips-tips lainnya tentang interview kerja maka kamu sudah siap untuk melamar pekerjaan yang diinginkan. Semangat! Semoga sukses!

6 Gaya Fashion Pria saat Wawancara Kerja Beserta Tipsnya! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Timy Time

0 komentar: